Minggu, 27 November 2011

Kebiasaan Orang Sepulu


Orang sepulu punya kebiasaan yang baik juga ada kebiasaan yang buruk mereka hidup bertetangga denngan keadaan rumah yang berdempe-dempetan dan jarak rumah mereka pun sangat berdekatan antara rumah satu dan rumah lainnya, mereka biasanya saling berinteraksi satu sama lainya dengan cara ber kumpul di tempat yang biasa mereka kunjungi.
            Orang- orang di sepulu biasanya berkumpul di tempat banyaknya orang misalnya di tempat orang berjualan disekitar rumah mereka, mereka sebenarnya bukan ingin berkumpul dan ngrumpi tapi mereka hanya berniat untuk beli-beli saja tapi karena tempat itu banyak orang yang berkunjung makanya orang sepulu sering ngobrol  di tempat itu.
            Dengan kebiasaan orang sepulu yang seperti itu tempat jual- beli makanan di sepulu menjadi berubah  memiliki dua fungsi selain sebagai tempat jual beli juga menjadi tempat di mana  mereka berkomunikasi antara sesama orang sepulu mereka melakukan semua itu karena mereka sudah terbiasa dengan keadaan yang seperti itu.
            Namun dengan keadaan yang menjadi kebiasaan itu juga mempunyai kelemahan,jika mereka sedang asyikk ngobrol kadang yang mereka obrolkan itu malah kejelekan orang lain dari satu orang saja yang mengetahui  masalah satu orang karena di bicaran di tempat banyak orang maka banyak orang yang mengetahuinya.
            Mereka membicaran kejelekan orang lain kerena mereka sudah terbiasa dengan keadaan itu sehingga jika ada orang membicaran kejelekan  orang lain maka orang lain akan ikut membicarakannya sehingga terjadilah pembicaran itu semakin menyebar luasbisa-bisa satu desa akan tahu semua.
            Karena kebiasaan yang mereka lakukan itu ada tidak baiknya tidak menutup kemungkinan terjadinya pertengkaran antar sesama karena yang di bicarakan kejelekanya merasa tidak terima dengan perlakuan mereka itu, jika pertengkaran terjadi maka gosip baru aka nada lagi mereka akan membicaran pertengkaran itu karena topic pembicaraannya adalah sesuatu yang baru terjadi di desa itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar