Minggu, 27 November 2011

Pasar Desa Sepulu

Sepulu adalah desa yang letaknya dekat dengan laut sehingga semua orang yang tinggal di sepulu rata-rata bekerja sebagai nelayan tapi ada juga diantara mereka yang  bekerja  sebagai guru dan ada juga yang bekerja di kantor-kantor bupati,bagi orang yan baru mendengar nama kota sepulu pasti mereka bertanya- Tanya mengapa nama nya sepulu seperti nama angka saja.
            Selain sepulu mempunyai makanan khas desa sepulu merupakan pusat dari berbagai desa Karena setiap hari minggu di sepulu ada pasar yang di namakan pasar “ahatan” ahatan ini berasal dari nama hari yang di pakai yaitu hari minggu yang orang Madura menyebutnya hari minggu itu dengan hari ahad.
            Pasar ini berpusat di sepulu tepatnya di jln asem jajar sepulu bangkalan jika kita  ingin ber kunjung maka kita ber kunjung pada hari H nya yaitu hari minggu atau hri ahad untuk menyaksikn bagaimana keadadn sepulu pada hari itu, pastinya sangat ramai dan banyak sekali orang yang berjualan.
            Pada hari itu semua orang memenuhi pasar untuk membeli barang- barang yang mereka butuhkan dan bukan hanya orang sepulu saja yang berjualan tapi dari berbagai desa yang mempuyai barang dagangan untuk di perjual belikan di pasar. Barang yang di jual di pasar tergantung pada musim jika musiim manga maka akan banyak para pedagang yang berdagang mangga.
            Dan berubah musim maka dagangan pun yang di jual juga akan berubah tergantung musim apa pada saat itu,pasar ahatan ini biasanya di mulai dari pukul 04.00 pagi subuh, karena para pedagang mempersiapkan dagangannya  dan seperti biasa pukul 02.00 pasar ahatan telah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar