Sabtu, 19 November 2011

DESA SEPULU

            Saya tinggal di gunelap kec sepulu kab bangkalan , di daerah sepulu ada beberapa tempat yang banyak di kuunjungi  orang2 yaitu pantai jika kita kesana maka kita dapat merasakan segarnya udara di pantai yang begitu ber sahabat . di sepulu ada sekolah menengah pertama yang biasa kita kenal dengan smp 1 sepulu da nada sekolah menengah kejuruan atau kita kenal smk 1 sepulu .
            Sepulu juga mempunyai ciri khas sendiri orang sepulu kebanyakkan dari mereka kesehariannya bekerja sebagai nelayan karena daerah sepulu yang dekat sekali dengan pantai membuat orang sepulu bekerja sebagai nelayan dari hasil penjualan ikan yang di dapat untuk memenuhi kebutuhah sehari-hari dan dan sebagian hasil pendapatan ikan untuk di konsumsi dalam kehidupan sehari-hari .
            Ciri khas lain daerah sepulu yaitu makanan khas sepulu yang biasanya orang sepulu menyebutnya “tes temon” di sepulu tes temon sangat terkenal  selain rasanya yang enak harganya sangat murah dari rp 1000 –rp 5000 harga yang sangat terjangkau,tes temon yang hanya ber bahan dasar petes dan mentimun, tapi banyak sekali yang menyukainya dari kalangan anak2, remaja ,ibu-ibu dan bapak-bapak.
            Petes  yang terbuat dari kuah ikan tongkol atau orang sepulu menyebutnya ikan“buambuh” ikan tongkol di rebus dengan air dan bumbu2 lainnya  setelah matang pisahkan antara ikan dengan kuah lalu panaskan kuah dengan di campur bahan2 yang sudah di sediakan lalu tetap aduk kuah sampai kuah menjadi agak mengental ,setelah seutuhnya menjadi petes maka taruh di tempat yang sudah di sediakan untuk di konsumsi.
            Untukn mencampur petes dengan mentimun kita harus mencampur petes dengan air , garam , cabe , lalu ulek sampai semuanya menyatu lalu setelah itu kita bisa mencampur mentimun ,bukan hanya mentimun kita juga bisa menabahkan buah-buahan sesuai selera kita misalnya buah manga , bengkoang, nanas, belimbing ,dan jambu  pokoknya sesui selera .jangan lupa kalau ke sepulu beli tes temon.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar